TUJUAN :

  • Pelatihan diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan baik itu secara materi maupun teknik bagi yang terkait, disemua bidang termasuk salah satunya bidang IPTEK.

RUANG LINGKUP :

  • Sasaran pelatihan atau pengembangan : setiap pelatihan harus mempunyai sasaran yang jelas yang bisa diuraikan kedalam perilaku-perilaku yang dapat diamati dan diukur supaya bisa diketahui efektivitas dari pelatihan itu sendiri.
  • Pelatih (Trainer) : pelatih harus bisa mengajarkan bahan-bahan pelatihan dengan metode tertentu sehingga peserta akan memperoleh pengetahuan ketrampilan dan sikap yang diperlukan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.
  • Bahan-bahan latihan: bahan-bahan latihan harus disusun berdasarkan sasaran pelatihan yang telah ditetapkan
  • Metode latihan (termasuk alat bantu): Setelah bahan dari latihan ditetapkan maka langkah berikutnya adalah menyusun metode latihan yang tepat.
  • Peserta : Peserta merupakan komponen yang cukup penting, sebab keberhasilan suatu program pelatihan tergantung juga pada pesertanya.

REFERENSI :

  • Membantu dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa meningkatkan keterampilan yang sudah ada.
  • Memacu kreatifitas dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa agar dapat meningkatkan diri, produktif, dan bermanfaat bagi lingkungannya.
  • Meningkatkan kualitas kinerja dan perkuliahan pada sasaran program dalam rangka menunjang target pembangunan Sumberdaya Manusia.

PROSEDUR :

  • Surat tugas dari atasan langsung.
  • Surat dari ketatausahaan tentang jadwal pelaksanaan pelatihan.
  • Persiapan pelatihan, meliputi instalasi aplikasi (jika ada), komputer, fotocopy materi pelatihan, ATK dll.
  • Waktu pelaksanaan pelatihan, petugas harus berada di ruangan untuk melihat proses pelatihan berlangsung.
  • Tahap akhir pelatihan, berupa pembagian sertifikat kepada para peserta.

Sumber : https://ict.ipb.ac.id/layanan/layanan-uji-sertifikasi-dan-peningkatan-kompetensi/