DSITD - IPB

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat menjadi tonggak berdirinya unit kerja yang bergerak di bidang teknologi informasi. Pengembangan dan penerapan Teknologi dan Sistem Informasi yang progresif dan adaptif mutlak diperlukan di IPB baik dalam mencapai tujuan organisasi.

Awalnya unit kerja yang dibentuk adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Komputer. Dalam perkembangan institusi, UPT Puskom berganti nama menjadi Kantor Pengembangan Sistem Informasi (KPSI) sekitar tahun 2001.

Perubahan nama dari Kantor Pengembangan Sistem Informasi (KPSI) menjadi Direktorat Komunikasi dan Sistem Informasi (DKSI) melalui Ketetapan MWA No.77/MWA-IPB/2008 dan SK Rektor No. 023/I3/OT/2008 dengan tupoksinya tertuang pada SK Rektor No. 170/I3/OT/2008 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Direktorat, Kantor dan Sekretarias Eksekutif IPB. Dengan menjadi sebuah direktorat, maka lingkup pekerjaan unit kerja ini menjadi lebih luas.

Pada tanggal 04 juli 2013 Direktorat Komunikasi dan Sistem Informasi berubah nama menjadi Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi (DIDSI). Perubahan ini dilakukan untuk lebih fokus pada kegiatan integrasi data institusi.

Pada Tahun 2018 melalui Peraturan MWA No 1/IT3.MWA/OT/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Pertanian Bogor, nama DIDSI diubah menjadi Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DSITD). Perubahan nama ini disesuaikan dengan visi dan misi IPB menyongsong industri 4.0 yang mengedepankan pertukaran data terintegrasi menggunakan teknologi informasi. Dengan nama baru tersebut juga diharapkan dapat mendorong perkembangan transformasi digital untuk proses akademik dan administratif di IPB.